Wednesday, August 13, 2008

MEMILIH LOKASI

. Wednesday, August 13, 2008

keputusan yang tepat dilahirkan dari perimbangan yang matang...

Penentuan lokasi merupakan hal mendasar yang harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Kesalahan dalam menentukan lokasi dapat berakibat fatal. Beberapa hal yang penting untuk diperhatikan dalam memilih lokasi, yang saya coba ekstraksi dari pengalaman pribadi saya, antara lain:

  1. Lokasi harus mudah diakses. Kemudahan akses dalam hal ini tidak hanya melihat dari sisi konsumen yang akan kita sasar, tetapi kemudahan akses bagi supplier atau bagi kita terhadap raw material.

  2. Lokasi wajib memiliki lahan parkir yang cukup. Dari pengamatan pribadi saya, ketersediaan tempat parkir juga menjadi salah satu alasan bagi konsumen untuk datang.

  3. Citra area harus diperhitungkan. jika memungkinkan lokasi berada dalam area yang memiliki image yang relevan sebagai pusat perdagangan. Lokasi yang berada di dalam pusat perdagangan akan lebih sering dilalui dan dilihat orang, bukan hanya ramai dilalui kendaraan, dengan demikian dapat memperbesar peluang dalam menjaring konsumen. Selain itu melalui lokasi setidaknya kita sudah dapat memperkenalkan diri.

  4. Hindari lokasi yang telah padat oleh pesaing usaha sejenis. Lokasi yang telah padat dengan pesaing akan menurunkan daya tawar kita di mata konsumen, apalagi jika kita merupakan pemain baru dalam industri. Lokasi dengan industri yang homogen (cluster industry) akan dapat memberikan keuntungan apabila di dalamnya terjadi interaksi antara pelaku usaha yang saling menguntungan; seperti iklan bersama, penggunaan gudang bersama, akses kolektif supplier, dll.

  5. Harga sewa lokasi juga harus dipertimbangkan. Kesesuaian antara harga sewa dengan target profit harus tercapai dan logis. Sewa harus dipandang sebagai suatu investasi bukan hanya sekedar cost belaka.

Terlepas dari semuanya, lokasi bukan jawaban mutlak bagi kesuksesan bisnis, tapi lokasi yang baik akan membantu bisnis anda untuk sukses. Masih banyak faktor lain yang juga menjadi penentu sukses tidaknya bisnis yang kita jalani; seperti menjaga kualitas layanan, iklan yang menarik, dll.

Jangan pernah lupa bahwa rizki yang kita dapatkan telah diatur oleh Yang Maha Kuasa, melalui yang biasa kita sebut sebagai "nasib". Oleh karena itu doa yang disertai usaha lahir merupakan jawaban untuk meraih "nasib" yang dapat membawa bisnis kita menuju kesuksesan.

14 comments:

honeybee said...

Salut untuk artikelnya. yang jelas aplikatif banget. cocok untuk yang lagi ngincer tempat usaha. dulu waktu kul kan juga konsen di perencanaan ruang, cuma diajarin teori2 seabrek. Kaya teori tempat sentralnya Crhistaller, trus teorinya Webber dan berbagai teori yang sekarang saya lupa. haha... salut untuk artikelnya!!

iNOV JAGiS said...

teori itu penting sebagai dasar pemikiran sebelum kita bertindak...
cuman, sayangnya teori2 bangsa kita suka sama teori2 bule yang belom tentu fit sama kondisi di sini... makanya kita harus ngembangin sense of creativity untuk bisa fitting teori2 yang ada dengan kondisi di negara ini.. bangsa ini ga kurang kok orang2 hebat.. suatu hari teori orang2 Indonesia harus bisa jadi acuan bangsa2 lain di dunia..

berkaitan tentang lokasi bisnis, sebenernya yang aku tulis tu cuman berdasarkan pengalaman aja.. mungkin aku juga harus belajar lagi teori2 yang kmu sebutin tu.. thx y..

honeybee said...

setuju...btw, gmn kalo kita berkolaborasi utk nyiptain teori yang fit ama kondisi di indonesia. ngomong2 soal fit, jadi inget pa budi...besok ujian sm kan ada bahan tentang parenting fit...Halah! ga nyambung banget, yak?!

Anonymous said...

mantaap...
nih tempat berkumpulnya orang-orang strategically thinking!! *two thumbs up*

speaking about lokasi...
aduh hari gini, mahal banget bow dapetin lokasi strategis untuk bisnis .. jogja dah jadi commercial area bok.. ihik..

iNOV JAGiS said...

iya sih kalo di jogja uda gila2an harga tanah, sewa/beli sama aja... cuman lokasi ga mutlak, makanya strategi pendukung harus ada juga..

kalo lokasi kita ga bisa sestrategis yang lain, mungkin advertising yang digencarin.. advertaising juga ga harus mahal juga.. keuntungan di indonesia, jogja khususnya, ga ada penalti kalo kita nyebarin pamflet ato nempel selebaran sembarangan.. pesaing juga ngerti kok, di jogja walaupun saingan mereka tetep ceng li semua...heheh..
strategi lain yang bisa di tempuh mungkin bisa menyelinap masuk ke komunitas-komunitas, yang banyak buanget di jogja.. di situ kita manfaatin kekuatan marketing "dari mulut ke mulut" dan "warisan" yang udah jadi budaya di jogja.. sambil cari2 koneksi baru dan mengembangkan ide2 baru... hehehe..

Anonymous said...

waduh.. kayakna dek inop ini pengalaman skali ya berbisnis? bagi2 jurus dunk. i really really want to have my own business! tp gmn mulainya ya? paling juga bantuin bisnis nyokap. i'm not a risk taker at all, braninya invest modal doang, diem, n trima bagi hasil.uhuk uhuk :(

so, do u guyz has any idea?
bisnis yuuukkkk..... apa kek, jualan mie ayam, es cendol, hihihi :D

iNOV JAGiS said...

jangan belajar sama saya sih kaka.. saya cuman bisa kasi cerita dari banyak kegagalan yang saya pernah alami...

takut itu biasa, tapi justru itu tantangan yang harus dilawan... karena yang lebih menakutkan lagi adalah apabila kita tidak berani melawan rasa takut itu..

jadi mari kita mulai segala sesuatu dengan keberanian, termasuk dalam berusaha.. mengutip Om Bob, "yang punya keberanian adalah yang mampu belajar dan sukses, sedang yang tidak punya cukup jadi penonton saja"..

musuh terbesar dalam bisnis adalah diri kita sendiri.. bagaimana kita mempertahankan dan terus maju saat kita jatuh, dan tetap "prihatin" saat usaha mulai memperlihatkan kemajuan..

bicara tentang investasi, saya lebih prefer jika memulai usaha dengan menggunakan dana dari orang lain ketimbang dana pribadi.. beban tanggung jawab untuk memberi pengembalian bagi investor akan lebih membuat kita gigih, ketimbang jika saya menggunakan dana pribadi..

ayo kaka, kita rame2 bikin usaha bareng.. aku setuju banget, siapa tau bisa jadi listing di BEI suatu hari nanti.. hehehe... mulai dari yang kecil dulu aja.. kaya kata kaka eny, mulai dari es cendol ma mie ayam dulu... seenggak2nya buat tempat ngumpul2 bareng...

Anonymous said...

serius lo?? hehehe.. cendol..cendol..
aku investor ajah deh, dikauw yang jualan. ihik.. :))

btw, laundry tuh prospekna gmn ya?
sayangnya aku temporary nih di jogja.. seandainya kerjaanku bs dipindah ke sini..hajar bleh! huhuhu

iNOV JAGiS said...

apa aja sih, kaka.. kalo perlu kita jualan sayur juga boleh hehehe..

nggak, maksudnya memulai ga harus besar.. dari yang kecil2 dulu aja.. lagian kalo dari yang kecil2 lebih asik, ada kepuasan saat dia jadi besar..

dimanapunlah, jangan takut mencoba.. mulai dari hobby mungkin bisa, udah seneng dapet menghasilkan pula.. asik kan..

honeybee said...

yuhuuuu, ikutan donk bikin usahanya!! kalo pada serius, ogut ikutan yaaaa...hubungin aja..tar kita ngobrolin bareng yaaa...jgn lupa, loh..inga, inga..tink!!!

iNOV JAGiS said...

ade, ayo kita ngumpul2 sama temen2 lain yang berminat... biar adil, masing masing bawa business plan trus kita bahas yang mana yang memunginkan untuk direalisasi dalam jangkka waktu terdekat.. ok.. mas global warming mingkin juga mau...

Anonymous said...

eh kalo beneran serius, aku mau loh ikutan!

business or investing is what in my mind now, but couldn't realize it without any colaboration or partnership! hehehe ;)

iNOV JAGiS said...

de, info sementara pembesaran DOC lagi lesu karena pakan naik.. ntar alo udah stabil lagi ta kasi tau..

mbak eny, maap kita belom sempet kumpul2.. dihajar tugas.. hehehe...

Mera said...

hoi mas inov,siiip menarik buanget nih tokpinya.boleh lah bagi - bagi ilmunya??hehe..
btw klo mau buat usaha makanan di jogaja nih sepertinya sdh padat banget kah..kira - kira gmn pendapat mas inov dlm menentukan lokasi yang tepat dalamm hal ini..soalnya begini aku sama mami mau ada rencana buat usaha makanan khas jawa timur di jogja.thanks before.